Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Menjadi Guru Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh kesiapan belajar, kepercayaan diri, fasilitas belajar, dan hasil belajar terhadap minat menjadi guru pada siswa IPS Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif.Populasi dalam penelitian ini sebanyak 216 siswa. Untuk menentukan sampel digunakan teknik Random Sampling dan diperoleh total sampel sebanyak 140 siswa. Tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Kuesioner yang akan disebarkan terlebih dahulu dilakukan uji coba dengan menguji validitas dan realibilitas. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dan uji hipotesis digunakan uji t. hasil penelitian menunjukkan bahwa: variabel kesiapan belajar, kepercayaan diri, fasilitas belajar, dan hasil belajar siswa memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru.