Penerapan Nilai-Nilai Positif Olahraga pada Kehidupan Sosial Siswa

Abstract

Tujuan Penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan nilai-nilai positif olahraga dalam kehidupan social siswa Metode Penelitian Pada penelitian ini mendeskripsikan tentang penerapan nilai-nilai positif olahraga pada siswa SMP Negeri 1 Takokak Kab. Cianjur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, dan teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Variabel dalam penelitian ini adalah penerapan nilai-nilai positif olahraga pada siswa di SMP Negeri 1 Takokak Kab. Cianjur. Penerapan nilai-nilai positif yang dimaksud adalah sikap yang dimiliki oleh siswa yang berlaku dalam kehidupan sosial yang bersifat umum. Diukur melalui angket dengan faktor sebagai berikut : Faktor Intern, meliputi : disiplin, tanggung jawab, sportivitas. faktor ekstern, meliputi : kerjasama, saling menghargai dan tolong menolong Hasil. Berdasarkan tabel distribusi pengkategorian penerapan nilai-nilai positif olahraga di SMP Negeri 1 Takokak Kab. Cianjur yaitu sebanyak 8 responden (6,67%) memiliki kategori “Sangat Baik”, 35 responden (29,17%) memiliki kategori “Baik”, 38 responden (31,66%) memiliki kategori “Cukup”, 31 responden (25,83%) memiliki kategori “Kurang”, 8 responden (6,67%) memiliki kategori “Sangat Kurang”. Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat diketahui bahwa penerapan nilai-nilai positif olahraga di SMP Negeri 1 Takokak Kab. Cianjur dengan Faktor Intern, meliputi : disiplin, tanggung jawab, sportivitas. faktor ekstern, meliputi : kerjasama, saling menghargai dan tolong menolong berada pada kategori kategori baik 29,17% (35 siswa) dan  kategori cukup 31,66% (38 siswa).