Meningkatkan Hasil Belajar Menendang (Shooting) Sepak Bola Melalui Modifikasi Latihan Target

Abstract

Tujuan Penelitian. Dalam meningkatkan hasil belajar Menendang (Shooting) Pada Permainan Sepak Bola Melalui Modifikasi Latihan Target pada siswa kelas IV SDS KARTIKA VIII-2 semester genap pada tahun ajaran 2019/2020 Metode Penelitian. penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini mencakup 2 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu planning (perencanaan), acting (pelaksanaan), observasing (pengamatan), reflecting (refleksi). subjek penelitian sebanyak 25 siswa, sedangkan data dikumpulkan melalui test dan obsevasi Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan pada siswa kelas IV. Hal ini dibuktikan dengan persentase siswa kelas IV yang mencapai nilai KKM tes Menendang (Shooting) dalam permainan sepakbola pada setiap siklusnya. Pada siklus I = 64%; siklus II = 88%, dengan hasil persentase tersebut terbukti pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 24%. Kesimpulan. Menendang (Shooting) Pada Permainan Sepak Bola Melalui Modifikasi Latihan Target dapat meningkatkan keterampilan Menendang (Shooting) siswa.