Pola Penerapan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini KB-TK Aisyiyah Boyolali Berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola penerapan Pendidikan Agama Islam KB-TK Aisyiyah Boyolali pada anak usia dini berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945. Metode penelitian dengan teknik wawancara dan obeservasi serta analisis berdasarkan peraturan dan teori. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 sangat berdampak positif pada pola penyelenggaraan pendidikan agama islam di KB-TK Aisyiyah Banyudono Boyolali dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta akhlaq mulia. Dengan adanya pendidikan agama islam pada anak-anak usia dini diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan dan menjadi bekal ke jenjang pendiidkan selanjutnya karena pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan prasekolah sebagai awal persiapan masuk sekolah. Pola penerapan pendidikan agama islam KB-TK Aisyiyah Banyudono Boyolali dapat diterima oleh anak-anak usia dini dengan sistem penghafalam dengan cara diulang-ulang dan dalam situasi bermain agar anak-anak usia dini nyaman dan bisa memahaminya dengan pola pikirnya sendiri tanpa paksaan. KB-TK Aisyiyah juga menyelenggarakan lomba antar kelas seperti lomba membaca surat-surat pendel Al-Qur’an, bacaan sholat dan gerakan, lomba pada peringatan hari Maulid Nabi atau Hari kartini, agar anak usia dini menjadi semangat dan lebih tertarik untuk mempelajarinya. Selain anak usia dini senang belajar juga menjadi lebih mudah menghafal. Dengan adanya pendidikan agama islam pada anak-anak usia dini diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan dan menjadi bekal ke jenjang pendidikan selanjutnya karena pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan prasekolah sebagai awal persiapan masuk sekolah.