Efektivitas Model Pembelajaran Small Group Discussion (SGD) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Ekonomi Syariah Mahasiswa (Studi di Institut Agama Islam Negeri Ponorogo)

Abstract

Dewasa ini perkembangan ekonomi syariah di Indonesia cukup pesat. Hal ini ditandai dengan hasil survey Global Islamic Economy Indicator Score (GIEI) pada tahun 2019-2020, dimana Indonesia menempati peringkat ke-5 dengan nilai 49 tepat berada dibawah negara Arab Saudi dengan perolehan nilai 50. Hal tersebut harus diiringi dengan literasi ekonomi syariah dari kaum muda khususnya. Untuk mewujudkan generasi muda yang memiliki literasi ekonomi syariah yang baik, maka perlu adanya inovasi pembelajaran. Atas hal tersebut peneliti mengadakan penelitian terkait model pembelajaran small group discussion dalam meningkatkan literasi ekonomi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisa deskriptif. Penelitian ini menghasilkan bahwa model pembelajaran small group discussion dapat meningkatkan literasi ekonomi syariah mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan antara hasil pretest dengan hasil postest. Dimana sebelum adanya perlakuan SGD, sebanyak 43% mahasiswa mendapat nilai C, namun setelah adanya perlakuan mengalami penuruna menjadi 20%. Untuk mahasiswa yang mendapat nilai A meningkat dimana sebelum perlakuan sebanyak 7%, setelah adanya perlakuan bertambah menjadi 13%.