Penerapan Pembelajaran Berbasis Business Plan Untuk Menanamkan Nilai Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Pada Peserta Didik Di SMK

Abstract

Nilai kewirausahaan menjadi hal yang sangat penting untuk dikembangkan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan pembelajaran berbasis business plan sebagai upaya guru dalam menanamkan nilai kewirausahaan pada peserta didik di SMK. Metode yang digunakan adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif, mengunakan desain studi kasus instrumental yang berfokus pada proses pembelajaran pendekatan saintifik dan Business Plan di SMK Gajah Mungkur. Peneliti mengumpulkan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian untuk menetapkan keabsahan data diperlukan teknik pemeriksaan. Pelaksanaan teknik pemeriksaaan didasarkan atas sejumlah kriteria tertentu. Ada empat kriteria yang digunakan untuk memeriksanya yaitu derajat kepercayaan (credibelity), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability) dan kepastian (confirmability). Hal ini sesuai dengan menyatakan bahwa keabsahan data dalam penelitian kualitatif meliputi uji credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reliabilitas) dan confirmability (obyektivitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Guru menugaskan peserta didik untuk memperoleh informasi melalui observasi pada suatu perusahaan dan kemudian menyusun idenya menjadi business plan. Penekanan pada karakter berani mengambil resiko, sedangkan sikap mengamalkan belum dilakukan. Evaluasi dilakukan terhadap proses dan hasil pembelajaran. Guru telah menyusun perencanaan, pelaksanaan dan penilaian secara baik dan peserta didik secara antusias memperoleh pembelajaran yang bermakna.