Jenama dan Citra: Strategi Aktivasi Merek Kabupaten Ponorogo Melalui “Fantastic Ponorogo”
Abstract
Setiap wilayah memiliki karakeristik dalam sejumlah destinasi wisata yang dikelolanya. Dalam hal ini, Kabupaten Ponorogo terkenal dengan beberapa objek wisata, baik yang merujuk pada wisata alam, wisata budaya, wisata religi, sampai pada wisata dalam konsep khusus. Sejak tahun 2019, Kabupaten Ponorogo melakukan branding pariwisatanya melalui brand khusus “Fantastic Ponorogo”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penjenamaan (branding) dari Kabupaten Ponorogo guna meningkatkan citra merek sebagai Fantastic Ponorogo, ditinjau melalui aktivasi merek yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan strategi deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan iklan melalui beberapa media dirasa efektif dan marak dilakukan untuk meningkatkan citra Ponorogo sebagai kota wisata yang fantastis. Aktivasi merek ini juga didukung dengan aktivasi merek melalui pemasaran event yang dipublikasikan secara masif melalui sejumlah platform media online.