Analisis persepsi peserta didik terhadap bimbingan dan konseling di SMAN 1 Tapan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik terhadap bimbingan konseling di SMAN 1 Basa Ampek Balai Tapan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh peserta didik di SMAN 1 BAB Tapan. Pengutipan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yakni mengambil kelas X, XI dan XII dengan jumlah sampel 88 peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini angket persepsi peserta didik terhadap bimbingan konseling yang terdiri dari 20 item. Analisis data menggunakan perhitungan mean dan SD sehingga skor peserta didik dapat dikategorikan persepsi sangat setuju, setuju, sedang, tidak setuju dan sangat tidak setuju. Hasil penelitian ini yaitu: persentase jumlah peserta didik yang memiliki kategori sangat setuju adanya bimbingan dan konseling sebesar 7,95%, setuju adanya bimbingan dan konseling 52,27%, sedang adanya bimbingan dan konseling 32,95%, tidak setuju adanya bimbingan dan konseling 5,68%, dan sangat tidak setuju adanya bimbingan dan konseling 1.15%. Terjadinya persepsi termaktub akibat faktor eksternal yaitu dari situasi layanan bimbingan konseling dan faktor internal dari karakteristik peserta didik.