Analisis metode Sosiodrama dalam pembelajaran Aqidah Akhlak materi kerja keras dan mandiri
Abstract
Bisa dikatakan bahwa Pendidikan Aqidah Akhlak merupakan dasar untuk membentuk karakter siswa atau softskill. Menjadi tantangan tersendiri yang akan dihadapi dalam pembelajaran Aqidah Akhlak agar siswa mengamalkan ajaran agama, bukan skadar mengajaraknan teori sebagai pengetahuan saja, akan tetapi menuntut untuk mengarahkan anak didik agar memiliki kualitas iman, taqwa, dan akhlak Mulia. Mestinya proses pembelajaran harus dapat diimplementasikan dalam kehidupan nyata, Oleh arena itu, penning untuk menguatkan pelajaran Aqidah Akhlak, diperlukan metode dan strategi pembelajaran yang lebih kompleks dan tidak monoton. Dalam artikel ini penults menganalisa satu metode pembelajaran active learning, yaitu metode Sosiodrama pada materi kerja cerai dan mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian library research menggunakan metode annalists isi (content analysis), dengan menganalisis dari dua summer yakni data primer dan data sekunder melalui pendekatan deskriptif analisis, dan interpretatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode Sosiodrama pada pembelajaran Aqidah Akhlak materi kerja keras dan mandiri, siswa dapat berpartisipasi aktif dan bekerjasama untuk memperagakan sikap karja keras dan mandiri. Peserta didik dapat menghayati sikap kerja keras dan mandiri, sehingga mudah mengambil kesimpulan berdasarkan penghayatannya sendiri.