Analisis kompetensi pedagogik guru PAI dalam mengimplementasikan kurikulum di SMA Negeri
Abstract
Kompetensi pedagogik guru PAI memiliki peran yang sangat penting dalam mengimplementasikan kurikulum. Pengelolaan kompetensi pedagogik menjadi problem yang umum ditemui dalam mewujudkan tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru PAI, upaya dan kendala guru PAI dalam mengimplementasikan kurikulum pada lima SMA Negeri di Aceh. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian memberikan deskripsi kompetensi pedagogik guru PAI dikelola dengan baik yang diwujudkan dengan penyusunan rencana pembelajaran, silabus, program tahunan, dan program semester, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Upaya pengembangan kompetensi dilakukan dengan kegiatan pelatihan, pengembangan diri, supervisi, motivasi, dan pembinaan guru. Sedangkan kendala implementasi kurikulum adalah kurangnya motivasi, lemahnya penguasaan teknologi dan informasi, minimnya sosialisasi perubahan kurikulum dan evaluasi pembelajaran, terbatasnya sumber belajar, alokasi struktur kurikulum yang minim, dan input peserta didik yang rendah.