Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menggunakan Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Drill di kelas 2 Min 1 Indragiri Hilir

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode Drill dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk menggunakan bahasa Indonesia di Kelas 2 MIN 1 Tembilahan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 MIN Tembilahan. Mereka berjumlah 30 orang. Kelas ini dipilih sebagai tempat penelitian karena peneliti sebagai guru dikelas tersebut menemukan bahwa rendahnya kemampuan siswa dalam menggunakan Bahasa Indonesia. Untuk mencapai tujuan ini, 2 siklus penelitian tindakan kelas telah dilaksanakan. Setiap siklus terdiri dari 4 pertemuan. 3 pertemuan adalah pengajaran dengan menggunakan latihan dan satu lagi untuk ujian. Sebanyak. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah observasi (untuk melihat kegiatan siswa dan guru selama pelaksanaan latihan), dan tes (untuk mengamati kemampuan siswa untuk berbicara bahasa Indonesia). Setelah menyelesaikan 2 siklus, peneliti menemukan bahwa metode Drill dapat Meningkatkan kemampuan siswa menggunakan bahasa Indonesia. Dengan demikian dapat peneliti simpulkan bahwa metode drill dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam berbahasa Indonesia