Implementasi Nilai-nilai Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Melalui Konsep ESQ Learning

Abstract

Penelitian ini membahas nilai-nilai karakter yang terkandung dalam konsep ESQ learning, kemudian direlevansikan pada pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah. Kajiannyadilatar belakangi oleh semakin maraknya pendidikan karakter yang perlu diberikan nilai karakter lebih dalam proses pembelajaran agar menghasilkan output peserta didik yang berakhlaqul karimah. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana konsep pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah? (2) Bagaimana nilai-nilai karakter dalam konsep ESQ learning dan relevansinya dalam pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah? Permasalahan tersebut dibahas melalui metodologi penelitian kualitatif. Kajian ini menunjukkan bahwa (1) Konsep pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah sama dengan pendidikan akhlak, yakni pendidikan yang bertujuan untuk membentuk perilaku manusia sesuai dengan ajaran Islam, berlandaskan al-Qur’an dan Hadits. (2) Sesuai dengan konsep ESQ learning, maka nilai-nilai karakter masing-masing terkandung dalam sumber nilai yang berlaku dalam pranata kehidupan manusia, yaitu nilai Ilahiyah dan Insaniyah. Temuan tersebut memberikan acuan bagi lembaga pendidikan tentang pendidikan karakter dari tokoh atau pakar dalam bingkai ilmu ESQ. Kemudian dapat menjadi acuan para orangtua atau pendidik dalam mendidik anak, agar mengacu pada konsep pendidikan yang berkarakter, dengan cara yang benar dan berdasarkan pada ajaran Islam.