Pengaruh Pengetahuan Pendidikan Karakter terhadap Etiket Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Parit 5 Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui pendidikan karakter siswa (2) Mengetahui Etiket siswa (3) Mengetahui Pengaruhpendidikan karakter terhadap Etiket siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Regresi. Penelitian Regresi untuk melihat ada tidaknya pengaruh antar satu variabel dengan variabel yang lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah 33 orang siswa kelas IV dan V. Sampel diambil sebanyak 33orang dengan menggunakan sampel jenuh. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan rumus Regresi Sederhana. Hasil analisa data angket dapat disimpulkan bahwa: (1) Pendidikan karakter siswa dengan kategori “cukup baik” dan persentase akhir 60,37%. (2) Etiket siswa dengan kategori “cukup baik” dan persentase akhir 60,75%. (3) Ada pengaruh signifikanantara Pengetahuann Pendidikan karakter terhadap Etiket siswa dengan F hitung = 71,78 ≥ Ftabel = 4,17.