Profil Guru Ideal dalam Perspektif Siswa Madrasah Aliyah
Abstract
Profil Guru yang ideal adalah sosok sesorang yang menunjukkan kemampuan dalam melaksanakan tugas nya sesuai empat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosian dan kompetensi kepribadian. Tugas dan fungsi guru mengajar, mendidik, membina, kemampuan memberi bimbingan terhadap orang lain seperti siswa, dan mampu memberi suri tauladan kepada siswa, orangtua siswa dan masyarakat. Penelitian ini dianalisa dan dideskripsikan dengan pola fikir induktif ke deduktif. Selanjutnya data kualitatif akan diubah ke dalam angka dengan cara mempresentasekannya sesuai dengan frekuensi yang didapatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kriteria tinggi, sedang atau rendah profil guru ideal dalam perspektif siswa Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kabupaten Indragiri Hilir Propinsi Riau. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kabupaten Indragiri hilir Propinsi Riau dengan jumlah sampel sebanyak 47 siswa di batasi hanya di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kotabaru Kecamatan Keritang kabupaten Indragiri Hilir Propinsi Riau. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa deskriptif. Berdasarkan penelitian dan analisa data yang peneliti peroleh melalui rekapitulasi angket, diperoleh hasil bahwa Profil guru ideal Dalam Perspektif Siswa Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kotabaru Kecamatan Keritang kabupaten Indragiri Hilir Propinsi Riau. dikategorikan sangat tinggi dengan persentase 85,84 % yaitu terletak pada interval 81-100%.