Aktivitas Sosial Masyarakat Kampung Pelangi Banjarbaru Sebagai Sumber Belajar IPS

Abstract

Persoalan pada pembelajaran saat ini adalah tuntutan kurikulum yang kompleks sehingga menuntut kreativitas guru untuk memanfaatkan sumber belajar kontektual sedangkan sumber belajar IPS yang ada dan dimanfaatkan guru selama ini hanya fokus dikembangkan pada aspek kognitif. Gejala ini berdampak pada pandangan peserta didik dan masyarakat terhadap pembelajaran IPS, bahwa pembelajaran IPS hanya menghafal fakta dan konsep seharusnya pembelajaran IPS bisa dibuat menyenangkan dengan memasukkan sumber belajar yang ada di sekitar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Aktivitas Sosial Masyarakat Kampung Pelangi Banjarbaru yang kemudian dijadikan Sebagai Sumber belajar IPS. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan metode deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Uji keabsahan data melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu, member check, dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian ini menjelaskan beberapa bentuk aktivitas sosial yang ada di kampung pelangi Banjarbaru. Bentuk aktivitas tersebut yaitu, kebersihan lingkungan, pelatihan keterampilan wanita, bakti sosial dan arisan yasinan. Bentuk aktivitas sosial ini kemudian dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS yang kontekstual, dengan sumber belajar yang kontekstual diharapkan peserta didik dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran yang diberikan oleh guru, sehingga pandangan tentang pembelajaran IPS yang hanya menghafal berubah dengan adanya sumber belajar yang kontekstual.