Membangun Minat Siswa Sekolah Dasar Pemulung Dalam Mempelajari Bahasa Inggris Melalui Metode Fun Learning

Abstract

Pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan metode fun learning sangat efektif diimplementasikan bagi sekolah dasar, khususnya dalam pembelajaran bahasa Inggris karena siswa sekolah dasar sangat sulit melafalkan, menghafalkan kosa kata dan ungkapan bahasa Inggris yang sederhana. Lebih lanjut, diharapkan melalui metode fun learning para guru SD Pemulung dapat menerapkan pengajaran bahasa Inggris yang menyenangkan sesuai dengan kebutuhan anak. Selama pengajaran bahasa Inggris berlangsung, siswa diberi stimulasi dengan menggunakan metode fun learning sesuai dengan target yang ingin dicapai dari pengajaran ini membangun minat partisipasi aktif, keterlibatan, dan simpati siswa sekolah dasar dalam mempelajari bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan. pengabdian yang dilakukan benar-benar merupakan kegiatan yang berdampak positif dengan masyarakat khususnya warga pemulung yang berada di sekitar SD tersebut. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan perilaku kemampuan dan minat siswa meningkat dalam mempelajari bahasa Inggris sederhana dalam percakapan sehari-hari. Hal ini dapat dilihat melalui perubahan yang sangat signifikan yang ditemukan pada siswa yaitu siswa lebih antusias dan percaya diri dalam mengucapkan kata-kata sederhana dalam bahasa Inggris.