Pengembangan Keterampilan Menulis Siswa SMAN 1 Semaka Melalui Web Sekolah
Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis artikel ilmiah populer siswa kelas XI SMA Negeri 1 Semaka. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode kualitatif melalui pendekatan institusional dan pendekatan partisipatif. Peserta dalam kegiatan ini adalah siswa SMAN 1 Semaka kelas XI yang berjumlah 30 siswa. Terdapat dua kali pengambilan data, yang pertama adalah pre-test (sebelum pelatihan menulis ilmiah popular diberikan) dan post-test (setelah pelatihan menulis ilmiah popular diberikan). Pada tahap analisis, data dioleh secara kuantitif dan dijabarkan secara kualitatif. Berdasarkan hasil analisis, temuan menunjukkan bahwa pengombinasian antara pendekatan Content Language Intergrated Learning (CLIL) dan media website sekolah efektif meningkatkan keterampilan menulis ilmiah popular siswa kelas XI SMAN 1 Semaka.