Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat serius untuk semua sektor kehidupan, salah satunya adalah sektor pendidikan. Pandemi ini menyebabkan sektor pendidikan harus beradaptasi dengan situasi pembelajaran daring tanpa persiapan yang matang sebagai salah satu upaya memutus penyebaran virus ini. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian masyarakat dengan menyasar sekolah dasar karena penerapan sistem pembelajaran daring untuk kelas kecil yang berada dalam ruang lingkup sekolah dasar bukanlah hal yang mudah, sehingga pelaksanaannya harus dievaluasi sedini mungkin. Bentuk kegiatan pengabdian yang dapat dilakukan di sekolah dasar adalah berupa pendampingan yaitu pendampingan sebagai fasilitator dan juga pendampingan sebagai ruang belajar dengan waktu belajar yang flexible. Setelah dilakukan pendampingan pada pembelajaran bahasa Inggris siswa kelas IV SDN 11 Dauh Puri Denpasar yang berjumlah 38 orang selama satu semester ditemukan perubahan sikap dari siswa. Motivasi siswa untuk belajar meningkat yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil penilaian belajar siswa baik secara tertulis maupun lisan. Selain itu keaktifan siswa untuk berinteraksi menggunakan platform digital juga meningkat setiap bulannya yang menandakan siswa merasa nyaman menggunakan platform digital grup Whatsapp untuk berdikusi dan cloud zoom meeting untuk menunjang proses pembelajaran bahasa Inggris secara daring.