INOVASI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN LAYANAN BERBASIS JAMAAH LASISMA DI BMT NU CABANG JAMBESARI DARUS SHOLAH BONDOWOSO TAHUN 2019
Abstract
Baitul maal wat tamwil atau yang dikenal dengan BMT merupakan lembaga keuangan syariah islam yang seluruh aktivitas keuangannya didasarkan pada prinsip-prinsip agama islam. BMT NU adalah satu dari perbagai lembaga keuangan syariah dibawah organisasi NU. Tujuan berdirinya BMT NU adalah untuk pemberdayaan ekonomi warga NU dan menyediakan transaksi keuangan yang islami. BMT NU mempunyai produk-produk yang berkomitmen pada pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan berbagi keuntungan diantara kedua belah pihak. BMT NU juga mempunyai standar pelayanan sesuai peratutan lembaga-lembaga keuangan pada umumnya. Persaingan yang ketat diantara lembaga keuangan yang ada di Indonesia menuntut BMT NU untuk melakukan inovasi mengefektifkan kinerjanya. Hal ini perlu dilakukan untuk menarik calon anggota dari masyarakat. Disamping itu juga pelayanan prima terhadap masyarakat menjadi tumpuan dari BMT NU. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan inovasi pemasaran produk layanan jasa jamaah LASISMA dan alur administrasi berdasarkan tugas pokok, fungsi, dan wewenangnya sebagai lembaga keuangan syariah. Penelitian ini adalah kualitatif studi kasus dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan studi dokumen, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, BMT NU Cabang Jambesari Darus Sholah dengan produk LASISMA berinovasi dengan program DIKDAS (pendidikan dasar) bagi calon anggota yang kegiatannya membahas tentang produk, program, dan materi ke-NU-an. Kedua, Alur administrasi dalam pelayanan jasa produk LASISMA, TABAH, dan SABAR telah sesuai dengan tugas, fungsi, wewenang, dan tanggung jawabnya yang yang berorientasi pada pelayanan prima