PENINGKATAN MUTU WARUNG PECEL POWER RANGER DI TEGAL BESAR JEMBER

Abstract

TQM (Total Quality Manajemen) merupakan suatu pendekatan filosofi berbasis budaya dalam sistem manajerial pada organisasi yang mengutamakan kualitas dalam mencapai keberhasilan dengan cara memuaskan pelanggan.  TQM dalam dunia bisnis terbukti menuai peningkatan hasil yang signifikan,  termasuk usaha kecil dan menengah. Salah satu usaha yang mengaplikasikan TQM ini adalah Warung Pecel Power Ranger di Tegal Basar Jember. Warung tersebut berorientasi pada kepuasan pelanggan, dalam hal ini para pembeli, sehingga tetap eksis dan ramai dikunjungi konsumen di tengah perbagai pecinta kuliner di Jember. Warung tersebut menurut hemat penulis termasuk warung yang telah melakukan inovasi dan perubahan terus menerus dengan pendekatan TQM.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi TQM dan inovasi strategi pemasaran dalam usaha mikro yang berfokus pada kepuasan pelanggan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang berkenaan dengan fenomena di lokasi penelitian berdasarkan pengamatan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa warung pecel tersebut telah menerapkan TQM sehingga tampak ramai pembelinya. Indikator TQM yang diterapkan terdiri dari a). fasilitas;  bersih, sederhana, nyaman. b). produk; rasa khas dan terjangkau. c).pelayanan; komunikasi   santun,   ramah, cepat dan tanggap. d). jaminan;  setiap pembeli yang memberikan masukan atau komplain terhadap layanan atau produk yang tidak sesuai akan diganti. bersikap empatik merupakan inovasi strategi layanan jasa yang berupa  perhatian dan kepedulian terhadap konsumen yang selalu dilakukan dengan ucapan salam dan ucapan terima kasih, menjawab salam, selalu tersenyum dan menyimak permintaan pelanggan