PELAYANAN PRIMA DAN KEPUASAN ANGGOTA TERHADAP KETERPILIHAN PRODUK BMT NU SUKOSARI TAHUN 2019

Abstract

Semakin ketatnya era persaingan pelayanan jasa keuangan menjadi tantangan tersendiri bagi lembaga keuangan syariah agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi lembaga keuangan yang sehat. BMT NU bukan hanya sekedar pelayanan jasa penghimpunan dan penyaluran dana dengan fungsi gandanya sebagai fungsi sosial dan komersial melainkan juga menjadi lading dakwah amar makruf nahi mungkar melalui peningkatan ekonomi masyarakat. Salah satu strategi agar BMT NU dapat bersaing dalam ekonomi global adalah dengan meningkatkan pelayanan prima bagi masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kualitas pelayanan prima dan dampaknya terhadap keterpilihan produk yang ada di BMT NU Sukosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan gabungan kuantitatif kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan angket, ceklist, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan jasa keuangan produk BMT NUSukosari sudah sesuai standar pelayanan yang ditetapkan oleh perusahaan meskipun masaih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan yaitu perbaikan kinerja perekrutan anggota agar lebih aktif. Sedangkan produk BMT NU yang paling diminati oleh masyarakat adalah   SAJADAH sebanyak 80%,TABAH sebanyak 20%