ANALISIS METODE PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA AL-QUR’AN TPA IHSAAN UNIT 023 KELURAHAN DEMPO KECAMATAN LUBUKLINGGAU TIMUR II
Abstract
Abstract:. The purpose of this research is the formation of students who have character and personality traits with a foundation of faith and devotion as well as strong moral values or manners that are reflected in the overall attitude and behavior of everyday life and then give patterns to the formation of national character. Among the missions, namely combining aspects of teaching, practice, learning activities to read Al-Quran, followed by habituation of practicing worship together at home, visiting and paying attention to the surrounding environment and the application of values and moral norms in daily behavior. This research used descriptive qualitative method. The results of the study concluded that the management of TPA Ihsaan Unit 023 Dempo Lubuklinggau Timur II used learning and evaluation methods. The supporting factor is the existence of an environment that supports both the school and community environment, while the inhibiting factor is the lack of support from some parents of students, the many challenges from outside such as tv and games, the lack of available learning media such as teaching aids, pictures, books and Islamic magazine, the minimum salary for teachers so that teachers cannot focus too much on the activities of students or students. Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah terbentuknya sosok anak didik yang memiliki karakter watak dan kepribadian dengan landasan iman dan ketaqwaan serta nilai akhlak atau budi pekerti yang kokoh dan tercermin dalam keseluruhan sikap dan perilaku sehari-hari dan selanjutnya memberi corak bagi pembentukan watak bangsa. Adapun diantara misinya yaitu memadukan aspek pengajaran, pengamalan, bahwa kegiatan belajar membaca Al-Quran, diikuti dengan pembiasaan pengamalan ibadah bersama dirumah, kunjungan dan memperhatikan lingkungan sekitar serta penerapan nilai dan norma akhlak dalam perilaku sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa manajemen TPA Ihsaan Unit 023 Kelurahan Dempo Lubuklinggau Timur II menggunakan metode pembelajaran dan evaluasi. Faktor pendukungnya adalah adanya lingkungan yang mendukung baik lingkungan sekolah maupun masyarakat, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya dukungan dari sebagian orang tua santri, banyaknya tantangan dari luar seperti tv dan game, kurang tersedianya media belajar seperti alat-alat peraga, gambar, buku -buku dan majalah islami, minimnya gaji bagi guru sehingga guru tidak bisa terlalu fokus dalam kegiatan-kegiatan anak didik atau santri.