Pembiasaan Shalat Berjamaah dan Kedisiplinan Siswa di MTS Daarul Mustaqiem Bogor
Abstract
Penelitian dengan judul Pembiasaan Shalat Berjamaah dan Kedisiplinan Siswa di MTs Daarul Mustaqiem Pamijahan Kabupaten Bogor (Studi Korelasional) sebuah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif jenis asosiatif. Penelitian bertujuan untuk: 1) memperoleh data pembiasaan shalat berjamaah di MTs Daarul Mustaqiem Pamijahan Kabupaten Bogor; 2) memperoleh data kedisiplinan siswa di MTs Daarul Mustaqiem Pamijahan Kabupaten Bogor; 3) mengetahui korelasi antara pembiasaan shalat berjamaah dengan kedisiplinan siswa di MTs Daarul Mustaqiem Pamijahan Kabupaten Bogor. Penelitian ini dilakukan di MTs Daarul Mustaqiem Pamijahan Kabupaten Bogor. Populasi penelitian seluruhnya 481 orang. Sampel diambil dengan teknik simple random sample sebanyak 30 responden. Pendekatan penelitian menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengembalian data menggunakan angket. Instrument penelitian menggunakan kuesioner untuk pembiasaan shalat berjamaah dan kedisiplinan siswa. Pengujian instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data, untuk mengetahui korelasi variable X (pembiasaan shalat berjamaah) dengan variable Y (kedisiplinan siswa) menggunakan teknik uji korelasional Product Moment Pearson. Indeks r hitung diperoleh sebesar 0,649 lebih besar dari r tabel= 0,361 berarti signifikan. Hal itu berarti bahwa pembiasaan shalat berjamaah memiliki korelasi dengan kedisiplinan siswa. Indeks KD (Koefisien Determinan) diperoleh 42,12% yang menunjukkan bahwa variable X (pembiasaan shalat berjamaah) memberikan kontribusi sebesar 42,12% terhadap variable Y (kedisiplinan siswa), dan sisanya sekitar 57,88% ditentukan oleh faktor lain.