Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah

Abstract

Penelitian dengan judul Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Di MTs Nurul Badriyah Kabupaten Bogor sebuah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif desain Pre-eksperimental jenis one group pretest-posttest. Penelitian bertujuan untuk: 1) penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di MTs Nurul Badriyah Kabupaten Bogor, 2) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di MTs Nurul Badriyah Kabupaten Bogor, 3) pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di MTs Nurul Badriyah Kabupaten Bogor. Penelitian dilakukan di MTs Nurul Badriyah Kabupaten Bogor dengan jumlah siswa 114 orang. Sampel penelitian berjumlah 35 responden. Teknik sampling diambil secara random sederhana (simple random sampling). Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik tes. Instrumen penelitian menggunakan soal tes. Teknik analisis data menggunakan uji t (t-student) sampel berhubungan dan interpretasi data dilakukan secara naratif deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara pembelajaran menggunakan media dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran Al-Quran Hadits sebesar 0,567. Tingkat signifikansi diperoleh angka 0,000 lebih kecil dari α = 0,025 (uji dua sisi atau two tailed test), sehingga Ho : ρ = 0 ditolak. Hal ini berarti ada hubungan yang signifikan antara data hasil postes dengan hasil pretes prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di MTs Nurul Badriyah Kabupaten Bogor. Hasil pengujian dengan uji t, diperoleh nilai 17, 445 dan P-value = 0,000 yang lebih kecil dari α = 0,025. Dengan perolehan nilai P-value = 0,000 lebih kecil dari α = 0,025 berarti terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran menggunakan media terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di MTs Nurul Badriyah Kabupaten Bogor. Besar pengaruh pembelajaran menggunakan media terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di MTs Nurul Badriyah Kabupaten Bogor yaitu sebesar 22,629 atau 22,63%.