Metode Contextual Teaching and Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar MA Pamijahan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena guru di Madrasah Aliyah Unggulan Cendekia Muslim kurang memotivasi siswa sehingga menimbulkan kejenuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI Pamijahan. Pendekatan kuantitatif ini menggunakan metode korelasi antara dua variabel X dan Y. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MI Pamijahan yang berjumlah 56 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 18 siswa yaitu kelas XI IPA. Teknik pengambilan Sampel dilakukan dengan menggunakan Purpossive Samplel. tekhnik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment dengan pengujian signifikansi. Kesimpulan penelitia ini adalah terdapat pengaruh Metode Cotextual Teaching terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Unggulan Cendekia Muslim dengan kategori tinggi.