Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih SiswaETODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN Hasil Belajar Fiqih Siswa

Abstract

Dengan adanya pembelajaran fiqih dapat memberikan bimbingan dan pengajaran kepada peserta didik untuk menjadi insan yang lebih baik dan hasil belajar. Di dalam pembelajaran fiqih terkandung nilai pendidikan seperti nasihat dan keteladanan. Pembelajaran fiqih sangat mempengaruhi karakter peserta didik, karena dengan mendidik karakter yang baik, maka peserta didik akan mengerti bagaimana cara untuk membina dan membimbing dirinya dalam kehidupan sehari-hari. Seiring dengan perkembangan zaman banyak dalam dunia pendidikan maupun dilingkungan masyarakat, masih banyak peserta didik yang belum memiliki kepribadian yang baik dalam kehidupannya. Untuk mengembalikan citra siswa menjadi lebih baik maka salah satu caranya yaitu dengan meningkatkan pembelajaran Fiqih diharapkan dapat berdampak baik kepada karakter siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran fiqih terhadap karakter siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah (Field Research) atau penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data yaitu dengan angket, dokumentasi, dan wawancara. Sampel dalam penelitian yaitu sebanyak 38 orang dengan teknik simple random sampling, data yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan koefisien korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil analisa data dengan k orelasi Product Moment diperoleh hasil nilai