Karakter Disiplin dan Hubungannya dengan Prestasi Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah

Abstract

Dalam dunia pendidikan pencapaian dalam pemibinaan disiplin tidak cukup hanya dengan melalui pembelajaran aqidah akhlak, akhlak mencakup pembinaan kepribadian untuk mencapai kepribadi yang berakhlakul karimah. Di dalam pendidikan, akhlak dapat di tiru dari berbagai individu terutama seorang guru, dalam pembinaan akhlak seorang guru hendaknya mencontohkan keteladanan yang baik kepada setiap individu di sekolah terutama siswa. Meskipun guru sudah memberikan segala macam cara pada peserta didiknya mencontohkan perilaku-perilaku yang baik seperti disiplin masuk sekolah, berpakaian rapi, rambut rapi, tetapi pada kenyataan masih banyak peserta didik yang belum meneladaninya. Meski siswa yang belum berlaku disiplin di sekolah, masih dijumpai yang berpakaian tidak rapi dan lain-lainnya.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada hubungan disiplinn guru dengan hasil belajar . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah (Field Research) atau penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data yaitu dengan angket, dokumentasi, dan wawancara. Sampel dalam penelitian yaitu sebanyak 30 orang dengan teknik Proportionate stratified random sampling, data yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan koefisien korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil analisa data dengan korelasi Product Moment diperoleh hasil nilai