Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode sorogan di Pondok Pesantren Al-Falah Lulut serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penerapan metode tersebut. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung di lembaga seni membaca Al-Qur’an umumnya dan khususnya Podok Pesantren Al-Falah Lulut sebagai tempat penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang Pondok Pesantren Al-Falah Lulut. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan teaah kepustakaan. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk menganalisa data yang tidak berupa angka yaitu dengan metode deduktif. Hasil penelitian menunjukan : Hasil pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode sorogan untuk kategori tingkat satu, dua, adan tiga lumayan efektiv, dalam proses pembelajaranpun sangat disenangi anak-anak, tapi dalam penerapan metode sorogan ini sangat ditentukan oleh kemampuan dan keterampilan ustadz pembimbingnya, karena sistem sorogan dalam pengajaran merupakan sistem yang paling sulit dari seluruh sistem pendidikan islam.