Pengelolaan Kelas dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena hasil belajar (nilai raport) peserta didik yang harus sesuai dengan prinsip penilaian dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yaitu harus sesuai batas ukuran dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan, karena hal itu merupakan hasil penilaian dalam menentukan ketuntasan belajar peserta didik, dan untuk mencapai prestasi yang diharapkan maka dilakukan penelitian, apakah ada pengaruh kemampuan seorang guru dalam mengelola kelas terhadap prestasi belajar. Penelitian dilakukan di MI Al Karomah wilayah kecamatan Bogor Barat. Populasi penelitian seluruhnya dijadikan sampel penelitian yang dinamakan sample jenuh, dengan jumlah sample 25 responden. Pendekatan penelitian menggunakan metode kuantitatif. Instrument penelitian menggunakan angket untuk pengelolaan kelas dan dokumentasi untuk prestasi belajar peserta didik. Hasil rekapitulasi angket ditentukan uji paliditas rumus product moment pearson dan uji reliabilitas menggunakan spearman brown, dari 20 butir item soal yang valid 20 item soal, karena r hitung > r tabel dan semua reliabel. Untuk mengetahui korelasi variabel x (pengelolaan kelas) terhadap variabel y (prestasi belajar), menggunakan rumus product moment pearson. Dari perhitungan rumus product moment pearson menghasilkan r hitung = 0,798 > r tabel = 0,396 berarti signifikan, bahwa pengelolaan kelas memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. Dari r hitung ditentukan KD (koefisien determinan) = 0,64 % berarti variabel x (pengelolaan kelas) memberikan kontribusi sebesar 64 % terhadap variabel y (prestasi belajar peserta didik) sisanya dipengaruhi faktor lain. Dari nilai Df = 23 dengan taraf signifikasi 5% diperoleh nilai r tabel 0,413. kemudian dikonsultasikan kedalam rumus hipotesis didapat 0,798 > 0,413 atau r hitung > r tabel, artinya Ho ditolak dan Ha diterima.