Peran Pendidikan Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Bekasi
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan karena adanya permasalahan di kalangan masyarakat yang mengungkapkan tentang kurangnya keberhasilan dan efektifitas dari pendidikan karakter yang ada di Indonesia. dengan berbagai alasan yang mengiringinya mulai dari alasan kurangnya waktu yang di gunakan dalam menerapkan pendidikan karakter di lembaga-lembaga formal maupun alasan kurangnya dukungan dari pihak-pihak yang harusnya berperan aktiv dalam membentuk karakter anak didik dan karakter bangsa. Selain itu faktor kurangnya pemahaman di masyarakat terhadap lembaga Pondok Pesantren yang telah berperan sejak lama sebagai salah satu lembaga pendidikan yang terus konsisten dalam usaha mencerdaskan bangsa, baik cerdas intelektual maupun spiritual. Dengan kemampuan dalam mengolah sumber daya manusia menjadi sumber daya yang di butuhkan oleh kalangan masyarakat luas, baik dalam negeri maupun di luar negri. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Pondok Pesantren dalam membentuk karakter anak didiknya. Dalam Penelitian ini Penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui study kasus dengan metode wawancara purposive dan observasi lapangan, dengan demikian penelitian ini berbentuk kualitatif yang di dukung oleh buku-buku, majalah, dan sumber lainnya sebagai referensi yang di gunakan dalam rangka memecahkan masalah tersebut. Hasil dari kajian dapat di simpulkan bahwa peran Pondok Pesantren miftahul Huda dengan segala aspek, unsur dan kegiatan yang dilaksanakan secara rutin dan bersifat terus menerus dengan pengawasan yang dilaksanakan 24 jam sangat besar dan signifikan dalam membentuk karakter anak didik.