Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Penelitian dengan judul Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Motivasi Belajar Siswa di MI Al-Khoeriyah Cigudeg Kabupaten Bogor sebuah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif jenis asosiatif fungsional. Penelitian bertujuan untuk: 1) memperoleh gambaran tentang lingkungan keluarga siswa di MI Al-Khoeriyah Cigudeg Kabupaten Bogor; 2) memperoleh gambaran tentang motivasi belajar siswa di MI Al-Khoeriyah Cigudeg Kabupaten Bogor; 3) mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa di MI Al-Khoeriyah Cigudeg Kabupaten Bogor. Penelitian dilakukan di MI Al-Khoeriyah Cigudeg Kabupaten Bogor dengan populasi seluruh siswa yang berjumlah 300 siswa. Sampel penelitian yakni siswa kelas V dengan jumlah 20. Teknik sampling diambil secara random sederhana (simple random sampling). Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan angket untuk lingkungan keluarga dan untuk motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan interpretasi data dilakukan secara naratif deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara variabel X (lingkungan keluarga) dengan variabel Y (motivasi belajar siswa) sebesar 0,617. Tingkat signifikansi diperoleh nilai signifikan 0,002 lebih kecil dari α = 0,050 (uji satu sisi atau one tailed test), sehingga Ho : ρ = 0 ditolak. Hal ini berarti ada hubungan yang signifikan antara lingkungan keluarga dengan motivasi belajar siswa MI Al-Khoeriyah Cigudeg Kabupaten Bogor. Bentuk persamaan regresi linear sederhana diperoleh Ŷ= 47,122 + 0,205X. Berdasarkan nilai R square, persamaan regresi dapat dijelaskan bahwa 38,1% dari variansi motivasi belajar siswa MI Al-Khoeriyah Cigudeg Kabupaten Bogor dapat dijelaskan oleh perubahan lingkungan keluarga. Regresi (hubungan fungsional) variabel lingkungan keluarga dengan motivasi belajar secara statistik dengan nilai F = 11,057 signifikan pada derajat kebebasan k =1 dan n – k – 1= 18, serta P-value = 0,004 yang lebih kecil dari α = 0,050. Dengan demikian, uji hipotesis Ho:β1=0 terhadap H1: β1≠0 berdasarkan tabel ANOVA diperoleh Ho ditolak karena P-value = 0,004 yang lebih kecil dari α = 0,050. Artinya, ada pengaruh yang signifikan dari lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa MI Al-Khoeriyah Cigudeg Kabupaten Bogor.