Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik

Abstract

 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai fenomena negatif yang sedang terjadi saat ini, sepertiorang-orang yang hidup tidak sesuai dengan bagaimana seharusnya ia hidup. Mulai dari anak-anak yangberprilaku amoral, orang-orang yang  tidak bersosialisasi dengan baik, orang dewasa yang tidakbersikap dewasa, dan lain sebagainya. Hal tersebut iidentifikasi sebagai dampak buruk dari rendahnyakecerdasan emosional yang dimiliki. Orang yang memiliki kecerdasan emosional akan mampumengendalikan diri dan mengatur dirinya sendiri agar selalu melakukan hal baik dan benar. Pendidikanagama Islam dengan kandungan yang sempurna, sudah membekali manusia dengan sederet aturan danpembinaan untuk kelangsungan hidup manusia. Dengan mempelajari ilmu agama Islam danmenerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, tentunya akan berpengaruh terhadap pola pikir, rasa danprilaku seseorang, yang pada akhirnya akan meningkatkan kecerdasan emosional dalam diri seseorang.Penelitian ini dilakukan di pondok pesantren Muthmainnatul Qulub Al-Islami.  Dilakukannya penelitianini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendidikan agama Islam terhadap kecerdasanemosional santri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research ataupenelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data yaitu dengan angket,dokumentasi, dan wawancara.  Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 33 orang dengan tekniksimple random sampling, data yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan koefisien korelasiProduct Moment. Berdasarkan hasil analisa data dengan korelasi Product Moment diperoleh hasil nilai