Pengaruh Minat terhadap Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di MI Mathla’ul Anwar 05 Cigudeg Kabupaten Bogor sebuah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif jenis asosiatif fungsional. Penelitian bertujuan untuk: 1) mengetahui data tingkat minat belajar siswa MI Mathlaul Anwar 05 Cigudeg Kabupaten Bogor; 2) mengetahui data prestasi belajar siswa di MI Mathlaul Anwar 05 Cigudeg Kabupaten Bogor; 3) mengetahui pengaruh minat belajar terhadap pretasi belajar siswa di MI Mathlaul Anwar 05 Cigudeg Kabupaten Bogor. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan angket untuk minat belajar dan untuk prestasi belajar siswa menggunakan nilai ulungan umum mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan interpretasi data dilakukan secara naratif deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara variabel X (minat belajar) dengan variabel Y (prestasi belajar siswa) sebesar 0,618. Tingkat signifikansi diperoleh nilai 0,000 lebih kecil dari α = 0,050 (uji satu sisi atau one tailed test), sehingga Ho : ρ = 0 ditolak. Dengan demikian, karena signifikansi 0,000 lebih kecil dari α = 0,050 (uji satu sisi atau one tailed test), maka Ho : ρ = 0 ditolak. Hal ini berarti ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa MI Mafthaul Anwar 05 Cigudeg Kabupaten Bogor. Bentuk persamaan regresi linear sederhana diperoleh Ŷ= 53,686 + 0,275X. Berdasarkan nilai R square, persamaan regresi dapat dijelaskan bahwa 38,2% dari variansi prestasi belajar siswa MI Mafthaul Anwar 05 Cigudeg Kabupaten Bogor dapat dijelaskan oleh perubahan minat belajar. Regresi (hubungan fungsional) variabel minat belajar dengan prestasi belajar secara statistik dengan nilai F = 29,635 signifikan pada derajat kebebasan k =1 dan n – k – 1= 48, serta P-value = 0,000 yang lebih kecil dari α = 0,05. Dengan demikian, uji hipotesis Ho:β1=0 terhadap H1: β1≠0 berdasarkan tabel ANOVA diperoleh Ho ditolak karena P-value = 0,000 yang lebih kecil dari α = 0,050. Artinya, ada pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa MI Mafthaul Anwar 05 Cigudeg Kabupaten Bogor.