Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam mengembangkan sikap peduli lingkungan pada materi pencemaran lingkungan, serta menganalisis faktor penghambat dalam mengembangkan sikap peduli lingkungan. Peneliti menggunakan metode library research (penelitian kepustakaan) dengan pendekatan konten analysis. Analisis dilakukan pada sumber data berupa buku dan sejumlah jurnal yang relevan dengan penelitian, kemudian peneliti mencari benang merah untuk bisa dibuat generalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dalam materi pencemaran lingkungan berpengaruh positif dan dapat mengembangan sikap peduli lingkungan pada siswa. Terdapat sejumlah faktor penghambat dalam mengembangkan sikap peduli lingkungan siswa antara lain: (1) kontinuitas siswa dalam berinteraksi dengan lingkungan terutama saat melakukan pembelajaran outdoor, (2) keterbatasan waktu untuk penanaman nilai peduli lingkungan dalam pembelajaran, (3) perlu diimbangi penanaman nilai peduli lingkungan di lingkungan keluarga.