Apakah Perilaku Kreatif Guru memengaruhi Motivasi Belajar Siswa di masa pandemi Covid-19?

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku kreatif guru dengan motivasi belajar siswa SMP Negeri di Jakarta Selatan selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel dari penelitian ini adalah 304 siswa dari SMP Negeri di Jakarta Selatan yang diambil secara acak proporsional. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji signifikansi regresi dan uji linieritas. Kemudian untuk uji hipotesis menggunakan korelasi product moment, koefisien determinasi dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku kreatif guru memiliki hubungan positif dan signifikan dengan motivasi belajar siswa. Perilaku kreatif yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah pembuatan video pembelajaran sendiri, menggunakan nada nyanyian untuk materi pelajaran yang sulit, mengambil contoh yang berasal dari sekitar rumah siswa, dan membuat channel youtube sendiri. Perilaku kreatif guru dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran yang aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan akan menguatkan motivasi belajar siswa selama pandemi Covid-19.