Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Kearifan Lokal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kearifan lokal pada materi bioteknologi kelas IX. Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimental semu (quasy exsperiment) dengan rancangan penelitian pretest posttest kelompok non-ekuivalen. Sampel penelitian berjumlah 57 siswa yang diambil dari dua kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari nilai pretest, posttest dan nilai N-Gain yang selanjutnya dianalisis menggunakan independent samples t-test pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-gain pada kelas eksperimen lebih tinggi (0,62) dibanding kelas kontrol (0,29). Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi bioteknologi terhadap penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kearifan lokal.