Pengaruh Minat dan Kesiapan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 31 Bandar Lampung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 31 Bandar Lampung. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif verifikatif dengan pendekatan survei dengan populasi 275 responden. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik sampling yaitu sampel probabilitas dengan simple random sampling dengan jumlah 73 responden. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner diolah dengan menggunakan SPSS. Pengujian hipotesis parsial uji t dan uji F secara simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh minat belajar dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII IPS Terpadu di SMP Negeri 31 Bandar Lampung. Berdasarkan analisis data diperoleh Fhitung 1482,634 Ftabel 3,13 dengan tingkat determinasi 0,977 yang artinya hasil belajar dipengaruhi oleh minat belajar dan kesiapan belajar sebesar 97,7% dan sisanya 2,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.