Urgensi Kompetensi Sosial bagi Guru PAI Dalam Pembelajaaran Daring
Abstract
Dalam kondisi yang dilanda pandemi covid-19 seperti ini, kementerian pendidikan merumahkan pembelajaran tatap muka di sekolah dengan pembelajaran yang dilakukan di rumah (school from home). Dalam pembelajaran daring ini, banyak permasalahan yang dihadapi oleh siswa dan orang tua siswa. Masalah yang dihadapi oleh siswa dan orang tua siswa yaitu siswa kurang memahami pembelajaran yang disampaikan oleh guru seperti pembelajaran tatap muka, guru yang tidak memahami tugas siswa samapai orang tua siswa yang tidak bisa menggunakan teknologi. Sehingga kompetensi sosial guru sangat di perlukan dalam hal mengkomunikasikan dan berinteraksi dengan siswa dan orang tua siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui urgensi kompetensi sosial bagi guru PAI dalam pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi literatur. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa kompetensi sosial guru sangat dibutuhkan dalam pembelajaran daring berkaitan dengan mengkomukasikan tugas yang diberikan kepada siswa dan juga dalam berinteraksi dengan orang tua siswa yang menyangkut permasalahan siswa. Sehingga tidak terdapat dinding pemisah antara guru, siswa dan orang tua siswa.