Penggunaan Soal HOTS Ekonomi Berbasis CBT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMAN 2 Ulubelu

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  hasil belajar  siswa kelas XII SMAN 2 Ulubelu mata pelajaran ekonomi. Penelitian dilakukan   dalam   bentuk   penelitian tindakan   kelas   (Classroom   Action Research). Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan    kelas    ini    langsung dilaksanakan  oleh  guru  dalam  bentuk  pengajaran, dengan melakukan  tindakan-tindakan  tentu  agar  dapat  meningkatkan hasil belajar    siswa. Dalam    pelaksanaannya    penelitian dilakukan  sebanyak  2  siklus.  Berdasarkan analisa hasil penelitian didapatkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan Soal HOTS  Ekonomi Berbasis CBT mengalami peningkatan. Data hasil belajar  Siklus I untuk nilai terendah sebesar 32, sedangkan pada Siklus II yaitu 68. Adapaun untuk nilai rata-rata untuk Siklus I sebesar 78,67 sedangkan pada Siklus II yaitu 88. sedangkan untuk nilai tertinggi untuk Siklus I dan untuk Siklus II sama-sama sebesar 100. Berarti dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Soal HOTS  Ekonomi Berbasis CBT  berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi Siswa Kelas XII SMAN 2 Ulubelu.