Penggunaan Soal HOTS Ekonomi Berbasis CBT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMAN 2 Ulubelu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII SMAN 2 Ulubelu mata pelajaran ekonomi. Penelitian dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas ini langsung dilaksanakan oleh guru dalam bentuk pengajaran, dengan melakukan tindakan-tindakan tentu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam pelaksanaannya penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Berdasarkan analisa hasil penelitian didapatkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan Soal HOTS Ekonomi Berbasis CBT mengalami peningkatan. Data hasil belajar Siklus I untuk nilai terendah sebesar 32, sedangkan pada Siklus II yaitu 68. Adapaun untuk nilai rata-rata untuk Siklus I sebesar 78,67 sedangkan pada Siklus II yaitu 88. sedangkan untuk nilai tertinggi untuk Siklus I dan untuk Siklus II sama-sama sebesar 100. Berarti dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Soal HOTS Ekonomi Berbasis CBT berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi Siswa Kelas XII SMAN 2 Ulubelu.