Interferensi Bahasa Bugis terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia Siswa SMP dalam Berkomunikasi

Abstract

Berdasarkan keadaan yang mengharuskan bahwa dalam proses pembelajaran bahasa yang baik haruslah berbahasa sesuai dengan kaidah. Tetapi, realitanya, kesalahan berbahasa Indonesia masih sering saja ditemukan di sekolah-sekolah. Penyebabnya adalah pemerolehan bahasa dan penguasaan bahasa yang lebih dari satu (bilingual). Oleh karna itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk interferensi bahasa Bugis terhadap penggunaan bahasa Indonesia yang digunakan oleh siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dialog langsung dengan siswa, mengamati para siswa dalam berkomunikasi (dalam proses pembelajaran). Hasil penelitian ini adalah ada kecenderungan bagi siswa SMP Negeri 1 Pammana untuk melakukan interferensi bahasa Bugis ketika berkomunikasi atau bertutur dalam bahasa Indonesia, hal ini dilakukan bahkan pada saat situasi formal.