PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013

Abstract

Pendidikan karakter disebutkan sebagai pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak yang bertujuan mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memberikan keputusan baik-buruk, memelihara apa yang baik serta mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati.Tantangan abad 21 menuntut insan-insan manusia yang kreatif dan produktif sekaligus beradab, sehingga perlu disiapkan sumberdaya manusia produktif yang melimpah yang nantinya dapat ditransformasikan menjadi sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi dan keterampilan melalui pendidikan agar tidak menjadi beban bangsa ini. Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkanmanusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia sehingga menjadikan bangsa Indonesia yang cerdas dan dan kompetitif.Kurikulum 2013 telah mengamanatkan untuk memberikan kesempatan pada siswa dalam mengembangakan domain Kognitif, Apektif dan Psikomotorik yang dituangkan dalam standar Kompetensi Lulusan (SKL) baik tingkat SD, SMP/MTs maupun SMA/MA/SMK yang selanjutnya di uraikan dalam Kompetensi Inti (KI) yang terdiri dari KI sikap spiritual, KI sikap sosial , KI pengetahuan dan KI keterampilan sehingga memungkinkan terbangunnya karakter pada siswa.