“PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPENHT(NOMBER HEAD TOGETHER)DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN KELAS V SD NEGERI KARYADADI”.

Abstract

Abstrak Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa.Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitianiniadalah: a) Bagaimanakah peningkatan Hasil Balajar PKn setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah kelas V SDN Karyadadi? Penelitian ini menggunakan penelitiantindakan (action research) sebanyak 2 putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, danrefisi. Sasaran penelitian ini adalah peserta di dikkelas V SD Negeri Karyadadi. Data yang diperoleh berupa hasil tesformatif, lembar observasi kegiatan pemeblajaran. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, dan II) yaitu masing-masing 71.88% dan 93.75%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar pada peserta didik kelasV SD Negeri Karyadadi serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PKn.