ANALISIS SOSIOLOGIS PERUBAHAN KURIKULUM 2013

Abstract

Perubahan kurikulum 2013 merupakan bentuk respon positif pemerintah terhadap perubahan sosial kemasyarakatan dan tantangan global, yang didasarkan kepada tantangan yang sifatnya internal maupun eksternal. Tantangan yang bersifat internal antara lain didasarkan kepadahal-hal sebagai berikut:Pertama, tuntutan pendidikan yang mengacu kepada 8 Standar Nasional Pendidikan.Kedua, terkait dengan faktor perkembangan penduduk Indonesia dilihat daripertumbuhan penduduk usia produktif. Sedangkan tantangan yang bersifat eksternalĀ  didasarkan kepada: Pertama, fenomena negative yang mengemuka di kalangan pelajar. Kedua, tantangan masa depan, seperti Globalisasi. Ketiga, kompetensi masa depan yang berkaitan dengan kemampuan berkomunikasi, kemampuan berpikir jernih dan kritis, kemampuan segi moral suatu permasalahan, kemampuan menjadi warga negara yang bertanggungjawab, kemampuan mencoba untuk mengerti dan toleran terhadap pandangan yang berbeda, kemampuan hidup dalam masyarakat yang mengglobal, memiliki minat dalam kehidupan, memiliki kesiapan untuk bekerja, memiliki kecerdasan sesuai dengan bakat atau minatnya, dan memiliki rasa tanggungjawab terhadap lingkungan.