MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PROSES PEMILU DAN PEMILUKADA PADA PELAJARAN PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS VI SDN 3 WONOSARIKECAMATAN MEGANG SAKTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKN pada materi ProsesPemilu dan Pemilukada di kelas VI SDN 3 Wonosari semester ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI yang berjumlah 22 orang, dengan rincian 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus,  dan setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan prosentase keberhasilan peningkatan hasil belajar sebagai berikut: pada siklus 1 nilai rata- rata adalah 66,13 dengan ketuntasan klasikal 72,72%. Pada siklus 2 terjadi peningkatan, nilai rata-rata adalah72,04 dengan ketuntasan klasikal 86,36. Untuk keaktifan siswa siklus 1 pertemuan pertama 50%, pertemuan kedua 62,5%. Pada siklus 2 pertamuan pertama keaktifan siswa 87,5% dan pada pertemuan kedua keaktifan siswa 100%. Berdasarkan analisi data tersebut, maka disimpulkan bahwa indikator keberhasilan yaitu ketuntasan klasikal 85% dan keaktifan siswa 60% telah tercapai. Sehingga disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang prosespemilu dan pemilukada pada pelajaran PKn di kelas VI SDN 3 wonosari Kecamatan Megang Sakti.