PENERAPAN MEDIA GRAFIS DAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KEUTUHAN NKRI PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V SDN. 7 MEGANG SAKTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas V SD Negeri 7 Megang Sakti Kecamatan Megang Sakti pada materi Keutuhan NKRI. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 di SD Negeri 7 Megang Sakti Kecamatan Megang Sakti yang berjumlah 28 siswa, yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan jumlah prosentase keberhasilan peningkatan hasil belajar pada siklus 1 nilai rata-rata adalah 71,2 dengan ketuntasan klasikal 71,42%. Pada siklus 2 terjadi peningkatan, nilai rata-rata menjadi 78,7 dengan ketuntasan klasikal 92,85%. Diakhir tindakan siklus II ternyata semua indikator keberhasilan yang disyaratkan dalam penelitian ini telah tercapai, yaitu terjadi peningkatan hasil belajat siswa, ketuntasan klasikal 85%, dan keaktifan siswa > 70%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa: Melalui Penerapan Media Grafis dan Model Pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar PKN tentang Keuthan NKRI pada Siswa Kelas V SDN 7 Megang Sakti Kecamatan Megang Sakti.