MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS IX.B SMP NEGERI CAMPURSARI KECAMATAN MEGANG SAKTI KABUPATEN MUSI RAWAS DALAM MENULIS TEKS REPORT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES- NON EXAMPLES

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan  yang dilakukan di kelas IX B SMP Negeri Campursari Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas pada pembelajaran Bahasa Inggris  khususnya keterampilan menulis  tidak sesuai dengan yang diharapkan. Saat pembelajaran berlangsung siswa tidak mampu mengungkapkan kalimat yang efektif, alur tuturnya tidak runtut karena kurangnya penguasaan kosa kata sehingga mengakibatkan tujuan pembelajaran tidak tercapai karena motode yang digunakan guru kurang sesuai sehingga hasil yang dimiliki siswa tidak mencapai ketutasan maksimum, jumlah siswa 32 nilai rata-rata pada pra tindakan 50,67 siswa yang mencapai ketuntasan 8 % sedangkan yang tidak mencapai ketuntasan 24 %. Pembelajaran Examples Non Examples  adalah suatu model pembelajaran dimana sebelum proses belajar mengajar didalam kelas dimulai, siswa terlebih dahulu diberi contoh gambar-gambar yang menarik yang berhubungan dengan materi pelajaran Pembelajaran Examples Non Examples merupakan model pembelajaran yang menggunakan alat peraga seperti gambar, dan melibatkan keaktifan dan kerjasama siswa dalam pembelajaran yaitu siswa melakukan diskusi kelompok dan menyampaikan hasil diskusinya.Berdasarkan hasil belajar siswa pada kegiatan setelah ada tindakan, maka  hasil tes menyatakan bahwa hasil belajar siswa sudah mengalami peningkatan dilihat dari  nilai tes formatif siswa pada siklus I. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata hasil prestasi belajar awal mencapai 68,75. Berdasarkan pada skor perkembangan individu pada tabel hasil belajar skor Individu pada tahap pembelajaran dari penerapan model pembelajaran Examples Non Examples, skor perkembangan individu yang diperoleh siswa yaitu 32  siswa (65,63%). Pada tes formatif siklus II mengalami peningkatan yang sangat signifikan, hal ini bisa dilihat nilai rata-rata 80,31, dari 32 siswa yang telah tuntas sebanyak 26 siswa dan 6 siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Maka secara klasikal ketuntasan belajar yang telah tercapai sebesar 81,25%.Berdasarkan uraian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Examples Non Examples dapat menciptakan  pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan kemampuan menulis.