MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE PADA MATERI STATISTIKADAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMPN CAMPURSARI

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Matematika siswa di kelas IX B SMP Negeri Campursari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan model pembelajaran kooperatifInside Outside Circle dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahamistatistika di kelas IX B SMP Negeri Campursari? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX B SMP Negeri Campursari dalam memahami statistikadengan model pembelajaran kooperatif Inside Outside Circle. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri Campursari, yang berjumlah 97siswa terdiri dari tiga kelas dan sebagai sampel adalah siswa kelas IX B. Pengumpulan data dilakukan dengan tekniktes dan non tes. Data yang terkumpul dianalisis untuk mengetahui nilai siswa dan nilai rata-rata seluruh siswa. Berdasarkan hasil analisis pada siklus I jumlah siswa yang tuntas 18 siswa dengan persentase 56,25% dan pada siklus II mengalami peningkatan siswa yang tuntas menjadi 26 siswa dengan persentase 81,25%, rata-rata hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 67,31 dan pada siklus II sebesar 72,62. Simpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa kelas IX B SMP Negeri Campursari setelah penerapan model pembelajaran kooperatif Inside Outside Circle secara signifikan sudah tuntas.