PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERIKINGDOM ANIMALIA SISWA KELAS X.4 SEMESTER 2 SMAN MUARA KELINGI KECAMATAN MUARA KELINGI KABUPATEN MUSI RAWAS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.4 SMA Negeri Muara Kelingi Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 pada mata pelajaran biologi materi kingdom animalia melalui Penerapan Metode pembelajaran kooperartif Tipe TTW. Penelitian ini merupakan Penelitikan Tindakan Kelas (PTK), yang berlangsung selama empat bulan dari  bulan  Januari berakhir bulan April 2016. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan satu kelas yaitu kelas X.4 yang berjumlah 31 peserta didik pada semester dua SMA Negeri Muara Kelingi khususnya terhadap penguasaan materi/Kompetensi Dasar: “Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia hewan dan  peranannya bagi kehidupan”. Penelitian dengan penelitian tindakan kelas  sebanyak dua siklus , tiap siklus terdiri empat tahapan yaitu membuat perencanaan , melakukan tindakan , mengadakan pengamatan dan melakukan refkeksi. Data hasil tes siswa dianalisis berdasarkan kriteria ketuntasan minimal mata pelajaran biologi yang berlaku di SMA Negeri Muara Kelingi yaitu 75.Sedangkan data hasil observasi pembelajaran di analisis dengan mitra kolaborasi melalui deskripsi kriteria penilaian afektif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan non tes. Pengumpulan data diperoleh dari kondisi awal, hasil siklus I dan hasil siklus II. Kondisi awal persentase siswa yang mencapai ketuntasan (25,8% ),persentase hasil belajar pada siklus I (70,9% ), dan persentase hasil belajar pada siklus II (83,9% ). Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan dari persentase jumlah siswa yang mencapai ketuntasanhasil tes  pada  kondisi awal ke siklus I ada peningkatan 45,1 % dari  25,8%  menjadi  70,9%dilanjutkan  siklus I ke siklus II ada peningkatan sebesar 13 % dari 70,9% menjadi 83,9%. Serta hasil non tes menunjukkan peningkatan aktifitas belajar sebesar  10,9%  dari 64,2% (pada siklus I) menjadi 75,1% (pada siklus II). Dari data tersebut, jelas bahwa ada peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa dari sebelum diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe TTW dengan setelah model pembelajaran tersebut diterapkan. Penerapan model pembelajaran kooperatif  tipe TTW dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.4 SMA Negeri Muara Kelingi Tahun Pelajaran 2015 / 2016.