MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN DRILL DI KELAS I SD NEGERI KALIBENING

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bilanganmelalui model pembelajaran Drill dikelas ISD Negeri Kalibening.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Kalibening. Waktu  penelitian di laksanakan pada bulan Agustus 2016. Metode pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan bentuk kolaboratif yang melibatkan peneliti dan teman sejawat. Dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data digunakan tes dan observasi. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, dan tes kepada objek penelitian. Hasil penelitian menyimpulkan nilai rata- rata siswa 63,55 untuk siklus I meningkat menjadi 75,45 pada siklus II. Ini berarti terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 11,9. Dan dilihat  dari ketuntasan hasil belajar juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 60% menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Melalui model pembelajaran Drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bilangandi kelas I SD Negeri Kalibening Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas tahun pelajaran 2016/2017.