MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KERJASAMA DILINGKUNGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DI KELAS III SD NEGERI WUKIRSARI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS melalui model pembelajaran Example Non Example di kelas III SD Negeri Wukirsari. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIISD Negeri Wukirsari. Waktu penelitian di laksanakan pada bulan September 2016. Metode pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan bentuk kolaboratif yang melibatkan peneliti dan teman sejawat. Dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data digunakan observasi. Analisis data digunakan analisis persentase dari perubahan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan; 1) nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas III pada siklus I sebesar 65,75 dan pada siklus II sebesar 78,19 sehingga terdapat kenaikan nilai rata – rata dari siklus I ke siklus II sebesar 12,44. 2) Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 63 % (20 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 32 siswa) dan pada siklus II sebesar 94% (30 siswa tuntas dalam belajardari seluruhnya 32 siswa). Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar 19% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: dengan menerapkan model pembelajaran Example Non Exampledapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Kerjasama dilingkungandi kelas III SD Negeri Wukirsari Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas tahun pelajaran 2016/2017.